Jumat, 19 September 2025

TUGAS REFLEKSI MODUL 2 PEDAGOGIK PPG DALJAB 2025

TUGAS MANDIRI PPG DALJAB 2025

 

Pertanyaan Refleksi Pedagogik Modul 2

Dari modul yang Anda pelajari, silakan:

1.     Pilih materi yang menarik dan deskripsikan materi tersebut!

2.     Lakukan analisis implementasi/penerapan materi tersebut!

3.     Tuliskan pengalaman praktis dari proses pembelajaran yang mendukung atau bertentangan dengan materi yang dipelajari!

4.     Uraikan tantangan yang dihadapi dan hikmah (lesson learn) yang didapatkan!

5.     Buat rencana aksi penerapan materi tersebut dalam kegiatan pembelajaran!

 

Tugas Refleksi Pedagogik Modul 2

 

1.     Pilih materi yang menarik dan deskripsikan materi tersebut..?

Salah satu materi yang menurut saya menarik Adalah Pembelajaran diferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Guru memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap murid mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama. Dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi guru perlu memikirkan tindakan yang masuk akal yang nantinya akan diambil, karena pembelajaran berdiferensiasi tidak berarti pembelajaran dengan memberikan perlakuan atau tindakan yang berbeda untuk setiap murid, maupun pembelajaran yang membedakan antara murid yang pintar dengan yang kurang pintar.

Pemeblajaran diferensiasi mecerminkan semangat Merdeka belajar karena memebri ruang bagi siswa untuk menemukan cara belajaran mereka untuk meningkatkan dan mnonjolkan bakat serta minat mereka dalam belajar, guru tidak hanya sebagai penyampai materi namun sebagai fasilitator yang membuat garis tipis (bakat dan minat siswa dalam belajar)  itu menjadi tebal dan menjadi nyata.

2.     Lakukan analisis implementasi/penerapan dan deskripsikan materi tersbut.

Implementasi pembelajaran diferensiasi membutuhkan guru yang betul betul mengenal karakter dari semua siswa secara mendalam, sebelum memulai pembelajaran guru secara mendalam emlakukan pemetaan bakat minat siswa dalam belajar, melalui asesmen diagnostic, observasi maupun diskusi atau komunikasi langsung dengan siswa. Data ini akan menjadi lanhkah awal dalam pemetaan gaya belajar siswa yang berbeda sehingga guru dapat memberikan tugas yang sesuai dengan bakat serta minat mereka.

Dalam prkatiknya guru dapat memberikan opsi sesuai daya belajar siswa melalui visual.auditori atau kinestetik. Diferensiasi juga dapat dilakukan dengan memberi tantangan berbeda suseuai Tingkat kesiapan belajar siswa.

3.     Pengalaman praktis mendukung/bertentangan dengan materi.

Saya pernah menerapkan pembelajaran diferensiasi dengan materi kisah para Nabi, kemudian saya memberikan pilihan materi kegiatan :

a.     Menulis cerita pendek.

b.     Menceritakan secara singkat.

c.     Membuat poster kisah nabi

d.     Melihat video langsung cerita tentang kisah para Nabi.

Dari hasil tersebut siswa sangat antusias dan lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Di sisi lain saya pernah mencoba menerapkan cerita yang serupa dengan menggunakan cerita pendek dan menulis cerita secara singkat tentang kisah para Nabi dengan tanpa mengutamakan kreasi belajar siswa yang berbeda karena saya pukul rata semua al hasil siswa merasa bosan dan tidak merasa nyaman dalam belajarnya, hal demikian menjadikan refleksi yang sangat penting bagi saya dalam memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan disesuaiakan dengan bakat dan minat siswa.

4.     Tantangan dan himah (lesson learned)

1.     Tantangan yang saya dapati ketika menerpakan materi ini diantaranya Adalah :

a.     Siswa cenderung diam tidak mau beraktifitas seperti biasanya

b.     Keterbatasan waktu untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan profil masing masing siswa.

c.     Kurangnya sarana prasarana yang memadai

d.     Kurangnya dukungan dari warga sekolah

e.     Keterbataan guru yang kurang memahami karakteristik siwa

f.      Tidak semua guru menerapkan asesmen diagnostic.

g.     Keterbatasan sumber daya pembelajaran.

2.     Himah yang saya dapatkan keyika pembelajaran difenensiasi ini diantaranya :

a.     Siswa merasa bangga dan senang karena mereka bisa mengatur kelas, menata kelas kemudian bisa membuat kesepakatan Bersama.

b.     Menumbuhkan rasa empati

c.     Siswa merasa di hargai

d.     Guru tergerak untuk memetakan kebutuhan belajar siswa

e.     Menigkatkan kepercayaan diri dalam siswa

f.      Membuat kreasi dan inovasi terbaru

5.     Rencana Aksi Penerapan.

Rencana aksi penerapan pemebelajaran diferensiasi ini diantaranya Adalah :

1.     Mengembangkan diri sebaik mungkin untuk bisa memahami secara meyeluruh tentang pembelajaran diferensiasi.

2.     Membuat asesmen diagnostik sederhana dalam rangka memetakan kebutuhan atau  gaya belajar siswa.

3.     Menyediakan opsi kegiatan belajar sesuai materi pembelajaran bisa melaui konten, produk, proyek, diskusi, kuis interaktif.

4.     Membuat ice breaking dalam pembelajaran untuk menumbuhkn semangat siswa dalam belajar.

5.     Menyusun penialaian yang sesuai dan pelksibel.

6.     Melakukan refleksi pemebelajaran dan umpan balik serta melakukan perbaikan.

Saya berharap dengan pembelajaran difenrensiasi ini memberikan nilai yang bermakna dalam diri siswa dan bisa meningkatkan kesemangatan dalam belajar, kretifit, percaya diri, inovatif dan siswa dapat berkembang dengan bakat serta minat mereka.

 

Bnatarkawung, 19 September 2025

Suparman, S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS MANDIRI MODUL 2 PEDAGOGIK PPG DALJAB 2025

    TUGAS MANDIRI MODUL 2 (PEDAGOGIK)                                           Di Susun...