TUGAS MANDIRI PPG DALJAB 2025
Pertanyaan Refleksi Pedagogik Modul 2
Dari modul yang Anda pelajari, silakan:
1.
Pilih materi yang menarik dan deskripsikan materi
tersebut!
2.
Lakukan analisis implementasi/penerapan materi
tersebut!
3.
Tuliskan pengalaman praktis dari proses pembelajaran
yang mendukung atau bertentangan dengan materi yang dipelajari!
4.
Uraikan tantangan yang dihadapi dan hikmah (lesson
learn) yang didapatkan!
5.
Buat rencana aksi penerapan materi tersebut dalam
kegiatan pembelajaran!
Tugas Refleksi Pedagogik Modul 2
1.
Pilih materi yang menarik dan deskripsikan materi
tersebut..?
Salah satu materi yang menurut saya menarik Adalah
Pembelajaran diferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran
yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Guru memfasilitasi murid sesuai
dengan kebutuhannya, karena setiap murid mempunyai karakteristik yang
berbeda-beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama. Dalam menerapkan
pembelajaran berdiferensiasi guru perlu memikirkan tindakan yang masuk akal
yang nantinya akan diambil, karena pembelajaran berdiferensiasi tidak berarti
pembelajaran dengan memberikan perlakuan atau tindakan yang berbeda untuk
setiap murid, maupun pembelajaran yang membedakan antara murid yang pintar
dengan yang kurang pintar.
Pemeblajaran diferensiasi mecerminkan semangat Merdeka
belajar karena memebri ruang bagi siswa untuk menemukan cara belajaran mereka
untuk meningkatkan dan mnonjolkan bakat serta minat mereka dalam belajar, guru
tidak hanya sebagai penyampai materi namun sebagai fasilitator yang membuat
garis tipis (bakat dan minat siswa dalam belajar) itu menjadi tebal dan menjadi nyata.
2.
Lakukan analisis implementasi/penerapan dan
deskripsikan materi tersbut.
Implementasi
pembelajaran diferensiasi membutuhkan guru yang betul betul mengenal karakter
dari semua siswa secara mendalam, sebelum memulai pembelajaran guru secara
mendalam emlakukan pemetaan bakat minat siswa dalam belajar, melalui asesmen diagnostic,
observasi maupun diskusi atau komunikasi langsung dengan siswa. Data ini akan
menjadi lanhkah awal dalam pemetaan gaya belajar siswa yang berbeda sehingga
guru dapat memberikan tugas yang sesuai dengan bakat serta minat mereka.
Dalam prkatiknya
guru dapat memberikan opsi sesuai daya belajar siswa melalui visual.auditori
atau kinestetik. Diferensiasi juga dapat dilakukan dengan memberi tantangan
berbeda suseuai Tingkat kesiapan belajar siswa.
3.
Pengalaman praktis mendukung/bertentangan dengan
materi.
Saya pernah
menerapkan pembelajaran diferensiasi dengan materi kisah para Nabi, kemudian
saya memberikan pilihan materi kegiatan :
a.
Menulis cerita pendek.
b.
Menceritakan secara singkat.
c.
Membuat poster kisah nabi
d.
Melihat video langsung cerita tentang kisah para
Nabi.
Dari hasil tersebut siswa sangat antusias dan lebih
semangat dalam mengikuti pembelajaran.
Di sisi lain saya pernah mencoba menerapkan cerita
yang serupa dengan menggunakan cerita pendek dan menulis cerita secara singkat
tentang kisah para Nabi dengan tanpa mengutamakan kreasi belajar siswa yang
berbeda karena saya pukul rata semua al hasil siswa merasa bosan dan tidak
merasa nyaman dalam belajarnya, hal demikian menjadikan refleksi yang sangat
penting bagi saya dalam memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan
disesuaiakan dengan bakat dan minat siswa.
4.
Tantangan dan himah (lesson learned)
1.
Tantangan yang saya dapati ketika menerpakan materi
ini diantaranya Adalah :
a.
Siswa cenderung diam tidak mau beraktifitas seperti
biasanya
b.
Keterbatasan waktu untuk merancang pembelajaran yang
sesuai dengan profil masing masing siswa.
c.
Kurangnya sarana prasarana yang memadai
d.
Kurangnya dukungan dari warga sekolah
e.
Keterbataan guru yang kurang memahami karakteristik
siwa
f.
Tidak semua guru menerapkan asesmen diagnostic.
g.
Keterbatasan sumber daya pembelajaran.
2.
Himah yang saya dapatkan keyika pembelajaran
difenensiasi ini diantaranya :
a.
Siswa merasa bangga dan senang karena mereka bisa
mengatur kelas, menata kelas kemudian bisa membuat kesepakatan Bersama.
b.
Menumbuhkan rasa empati
c.
Siswa merasa di hargai
d.
Guru tergerak untuk memetakan kebutuhan belajar siswa
e.
Menigkatkan kepercayaan diri dalam siswa
f.
Membuat kreasi dan inovasi terbaru
5.
Rencana Aksi Penerapan.
Rencana aksi
penerapan pemebelajaran diferensiasi ini diantaranya Adalah :
1.
Mengembangkan diri sebaik mungkin untuk bisa memahami
secara meyeluruh tentang pembelajaran diferensiasi.
2.
Membuat asesmen diagnostik sederhana dalam rangka
memetakan kebutuhan atau gaya belajar
siswa.
3.
Menyediakan opsi kegiatan belajar sesuai materi pembelajaran
bisa melaui konten, produk, proyek, diskusi, kuis interaktif.
4.
Membuat ice breaking dalam pembelajaran untuk menumbuhkn
semangat siswa dalam belajar.
5.
Menyusun penialaian yang sesuai dan pelksibel.
6.
Melakukan refleksi pemebelajaran dan umpan balik
serta melakukan perbaikan.
Saya berharap dengan pembelajaran difenrensiasi ini
memberikan nilai yang bermakna dalam diri siswa dan bisa meningkatkan kesemangatan
dalam belajar, kretifit, percaya diri, inovatif dan siswa dapat berkembang
dengan bakat serta minat mereka.
Bnatarkawung,
19 September 2025
Suparman,
S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar