Senin, 10 April 2023

Refleksi Hari ke 11 CPP Angkatan 9 2023

1. Ceritakan keterkaitan materi yang sudah Anda pelajari dengan peran Anda.?

            Sebelumya saya belajar bagaimana bisa memahami cara atau Teknik fasilitasi yang sesuai dengan arahan instruktur memahami, menyimak mendengarkan dan sekaligus mempraktikkan dan materi ini sangat erat sekali dengan pembelajaran modul selanjutnya yaitu praktik coaching yang dimana seorang fasilitator harus mampu membimbing Fasilnya agar bisa memahami dan bisa                merefleksikan apa yang masih kurang dan mana yang sudah berjalan, mereka bisa menyelesaikan        permasalahannya sendiri dengan memanfaatkan potensi yang ada dalam diri mereka dengan di                 bantu diberikan pertanyaan pertanyaan yang berbobot

2. Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang Anda jalankan selama ini?

Ada, tentunya ada sedikit yang berbeda dalam penerapannya antara saya dan narasumber. Tapi tidak menutup kemungkinan hal yang berbeda itu justru akan bisa memaksimalkan pembelajaran saya dalam mengembangkan potensi diri saya, saya faham bahwa setiap pembelajaran kegiatan pasti banyak ujian yang akan menerpa, berbeda pendapat, berbeda praktik baik, justru semakin saya mengerti akan perbedaan maka semakin mendorong saya selalu tetap semangat dalam mengikuti program ini.

3. Ceritakan konsep-konsep utama yang Anda pelajari dan menurut Anda penting untuk terus dibawa selama menjakankan peran Anda?

Konsep konsep utama yang paling saya penting untuk terus di kembangkan adalah pengembangan diri saya bagaimana saya bisa mengembnagkan diri saya secara keseluruhan, menimba ilmu sebanyak mungkin untuk bisa memahami kekuranagn saya dan kelemahan saya, mencari dan momodivikasi program yang mungkin berbeda dengan instansi say dan kemudian menerapkan pada sekolah saya,  menerapkan pembelajaran yang menyenangkan, memberikan hak mereka sebagai anak-anak yang kodrat mereka adalah bermain, maka dengan demikian pembelajaran akan selalu berpiahk kepada murid. Pepatah jawa mengatakan, Sangu Teken, Asal Tekun, Pasti Tekan

4. Ceritakan sebuah perubahan dalam diri Anda yang ingin Anda lakukan setelah pembelajaran pada hari ini?

Perubahan yang ada dalam diri saya ialah saya ingin mengembangkan kompetensi saya sebagai guru dan sebagai coach untuk bisa merubah pemikiran mereka yang masih kurang optimis ketika mengalami permasalahan bagaimana mereka bisa memanfaatkan potensi yang ada dalam diri mereka dengan sendirinya dan bisa memberikan kepada Bangs aini yang terbaik dari segi Pendidikan.

Bantarkawung

Suparman

10 April 2023



         

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCANA TINDAK LANJUT PI 3 PGP A9 KAB. BREBES

  R T L RENCANA TINDAK LANJUT PENDAMPINGAN INDIVIDU 3 PGP ANGKATAN 9 KABUPATEN BEBES           PENGAJAR PRAKTIK SUPARM...