Senin, 18 Oktober 2021

1.1. a.6

  1. Apa pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat setelah mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara? Sejak saya masuk Pendidikan Guru Penggerak ini, secara Pengetahuan saya merasa semakin terbuka pemahaman tentang makna Pendidikan yang sejati. Bahwa salah satu faktor terjadinya karena dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah, mayoritas Guru hanya mengajar, dalam arti memberikan materi dan "memaksa" anak didik untuk mengunyah mentah pelajaran yang di berikan, memberikan Vonis atas ketidak mampuan hanya berdasarkan acuan standar nilai semata, tanpa memberikan solusi atas permasalahan yang beragam yang di alami anak didik. Akibatnya anak didik menjadi terkungkung potensi yang di miliki nya, merasa terbebani sehingga bakat, minat dan potensi mereka tidak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Mungkin ini sebabnya anak didik menjadi malas untuk "Sekolah" dalam arti sesungguhnya, tidak sekedar menimba ilmu, tapi juga sebagai wahana mencari dan menemukan serta mengasah apa yang akan menjadi nilai jual dirinya untuk dijadikan bekal yang berharga dalam menjalani kehidupan sesungguhnya di luar lingkup sekolah. Selama berinteraksi dengan teman-teman hebat sesama Calon Guru Penggerak, saya belajar banyak tentang bagaimana penerapan dari pemikiran KHD, yang kami diskusikan secara interaktif di LMS dan grup WA,dibantu dan di pandu oleh Bapak Suwanto sebagai fasilitator yang luar biasa dalam membimbing CGP sehingga berbagai pengalaman baru yang di kenalkan beliau, menjadi bekal dan panduan kami dalam menjalani program pendidikan Guru Penggerak ini dengan perasaan senang, merdeka, meminimalisir kekhawatiran akan kekurangan dan kelemahan diri sehingga muncul keberanian untuk mencoba, sebagai pembuka jalan munculnya potensi diri CGP. dan itu pula yang kami terapkan di sekolah kami pada anak didik agar mereka benar-benar "bersekolah" dan mendapat bekal sesuai dengan potensi diri mereka masing-masing.
  2. Apa kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini? Kekuatan saya adalah kemauan diri saya untuk belajar hal baru, terbuka dan menerima kritik sebagai masukan yang berguna dan upaya menerapkan di sekolah saya segala hal positif yang saya dapat dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di lingkungan sekolah.Saya memiliki keinginan besar untuk dapat menjadi contoh yang baik di sekolah saya, dan pelan-pelan mampu membawa teman-teman Guru di daerah saya untuk keluar dari zona nyaman mereka, dan menerapkan pemikiran KHD dengan berbagai praktik baik di sekolah dan menjadi pamomong bagi anak didik melalui pendidikan yang berpusat pada anak didik. Mengasah bakat alam mereka, mengenalkan dan mempersiapkan bakat zaman mereka dengan lebih bertanggung jawab sehingga kelak tercapai apa yang menjadi cita dan cinta KHD yaitu guru adalah koki kebudayaan bagi anak didik dalam menciptakan profil pelajar pancasila. 
  3. Apa hal-hal yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini? Saya rasa saya perlu meningkatkan kemampuan saya dibidang IT untuk menunjang kapasitas saya sebagai Guru, Saya juga harus bisa merubah pemahaman keliru saya selama ini tentang bagaimana menjadi seorang Pendidik, dan menerapkan dalam keseharian, bagaimana seharusnya menjadi seorang Guru yang baik dengan menjadi contoh melalui berbagai praktik baik, mampu menjadi motivator bagi anak didik, bahkan hingga mereka lepas dari sekolah.  
  4. Apa perubahan konkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara? Secara pribadi saya akan lebih bisa memahami keberagaman yang ada pada anak didik saya, memberikan alternatif solusi dalam pada setiap tugas yang saya berikan, memberikan apresiasi pada anak didik atas usaha yang mereka lakukan, dan lebih menanamkan nilai-nilai kebaikan dalam proses pembelajaran. Sebagai CGP saya akan menjalin hubungan kerja yang lebih dekat, akrab, dan mesra dengan semua warga sekolah guna memberikan pemahaman akan pemikiran KHD, dan secara bertahap menerapkan satu demi satu kriteria Pelajar Pancasila pada anak didik melalui perencanaan yang sistematis dan terukur dalam jalinan kerjasama yang baik dan bertanggung jawab bagi semua warga sekolah saya, guna memastikan apa yang telah disepakati dan direncanakan dapat berjalan dengan baik dan sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCANA TINDAK LANJUT PI 3 PGP A9 KAB. BREBES

  R T L RENCANA TINDAK LANJUT PENDAMPINGAN INDIVIDU 3 PGP ANGKATAN 9 KABUPATEN BEBES           PENGAJAR PRAKTIK SUPARM...