Sabtu, 23 Oktober 2021

JURNAL REFLEKSI MINGGUAN. Minggu Pertama

Assalamu 'alaikum WR.WB
Dalam kesempatan yang baik ini perkenalkan kami sebelum menulis dan mendokumentasikan rekam jejak kami selama satu minggu ini dalam mengikuti Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 4.
Nama                       : Suparman
Nama Instansi         : SD Negeri Cinanas 03 Kec. Bantarkawung Kab. Brebes.
Sebagai                   : Guru Mapel Pendidikan Agama Islam

Pendahuluan.

    Puii syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT berkat berkat karunianya alhamdulillah saya bisa melewati tahapa demi tahapan dalam program guru penggerak. Alhamdulillah saya di nyatakan lulus dari sekian banyak peserta,  dalam program guru penggerak ini, saya akan menimba ilmu selama 9 bulan dengan di pandu oleh Bpak Instruktur, Bpk Suwanto (Fasilitator) dan Ibu Pendamping Praktik (Endang Rusiana)  Dengan niat yang tulus ikhlas guna untuk melatih dan mengetahui kekurangan saya pribadi, demi terlaksananya pembelajaran sesuai dengan pemikiran kritis Ki Hajar Dewantara (KHD).
 
Lewat Tulisan ini Insya Allah kami akan menulis rekam jejak kami selama satu pekan dalam mengikuti kegiatan-kegiatan Calon Guru Penggerak yang tentunya tulisan ini sudah pasti banyak kekurangan dan kelemahannya untuk itu kami Masih buth bimbingan dan  ilmu dari beliau Bapak Fasilitator dan Ibu Pendamping Prakti.

Lokakarya 0 (Perdana)
Salah satu gerbang ilmu dalam menggapai cita cita merdeka belajar sesuai dengan pemikiran pendidikan menurut KHD, kami mengawalinya dengan lokakarya 0 atau perkenalan sesama Calon Guru Penggerak, PP, PPPTK. Dengan pembekalan untuk mempelajari kegiatan CGP, merumuskan tata tertib selama kegiatan 9 bulan dan tentunya berkenalan dengan bapak ibu CGP yang begitu hebat.
Dalam kegiatan lokakarya 0 ini kami di minta untuk menggambar sesuatu dan mempresentasikannya di depan CGP yang lain, kami mencoba dengan menggambar sebuah gawang dalam permainan sepak bola. 

 Gambar ini adalah sebuah tujuan saya dalam CGP kenapa, untuk menuju gawang tersebut membutuhkan tantangan yang luar biasa kekompakan tim, keikhlasan niat skil dan tentunya selalu bersabar dalam berbagai macam cobaan. 
dari gambar inilah saya mengibaratkan pelatihan dalam program guru penggerak, banyak sekali ilmu yang dapat di ambil dari program ini tergantung dari masing-masing CGP apakah akan mengikutinya dengan ikhlas dan sabar dalam mendapat ilmu baru yang dimana mungkin salah satunya belum tahu sama sekali. begitupun untuk menuju GP guru Penggerak ini tidak mudah sebagaimana pemain menggiring bola menuju gawang tidak mudah, dibutuhkan pengorbanan untuk selalu aktif dalam semua kegiatan dalam menggapai Guru Penggerak ini.

Modul 1.1 Pree Test
    Dalam kegiatan pree tes ini saya sendiri memang belum begitu menguasai tapi ini adalah langkah pertama kami untuk mengetahui sampai mana batas kemampuan kami dalam menuju kesuksesan yang tak terhingga, yaitu menuju pembelajaran yang sesuai dengan pemikiran KHD.
    
    Sub 1.1 a 2 Tentang Refleksi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara
Dalam modul ini saya belajar mengenal sebagai seorang guru penggerak harus mampu memahami pemikiran filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dan melakukan Refleksi Reflekssi kritis dan mengembangkan visi sekolah yang berpihak kepada murid atau menghamba.
  
    Sub 1.1 a3 Refleksi diri tentang pemikiran KHD
yang saya pahami dari pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan dan pengajaran, adalah bagai dua sisi mata uang - yang saling membutuhkan satu sama lainnya untuk menjadi satu kesatuan utuh. menurut Ki Hajar Dewantara, Pendidikan adalah upaya pemenuhan dari semua tuntutan bagi kodrat alam dan kodrat perkembangan zaman yang ada pada diri anak-anak sejak mereka lahir agar mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal . Disini saya harus mengenali anak anak dengan mengetahui bakat dan minat mereka dsengan demikian saya akan menentukan metode atau cara untuk mengembangkan anak tersebut.
Harapan saya setelah mempelajari modul ini, saya menjadi lebih mengerti dan memahami lebih dalam lagi tentang apa dan bagaimana yang seharusnya saya lakukan sebagai seorang guru dalam melakukan berbagai praktik baik di sekolah saya

    Sub 1.1 a4 Refleksi diri tentang pemikiran KHD
Didalam sub modul ini kami belajar memjabarkan secara singkat tentang semboyan pemikiran pendidikan KHD Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani”.
Ing Ngarso Sung Tulodo artinya nmenjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan. Ing Madyo Mbangun Karso, artinya seseorang ditengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat. Tut Wuri Handayani, seseorang harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang.
    sub 1.1 a5 Ruang Kolaborasi Mendesain Kerangka Pembelajaran sesuai dengan pemikiran KHD.
Dalam ruang Kolaborasi ini saya belajar banyak tentang mendesain kerangka pembelajaran sesuai dengan pemikiran KHD. Dan di  ruang ini pula kami berdiskusi dengan kelompok yang memang sudah di tentukan oleh Bapak fasailitator untuk bertujuan membuat kerangka pembelajaran yang sesuai dengan pemikiran KHD yang mengacu pada 7 Profil Pelajar Pancasila, diantaranya yaitu Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia dan Gotong Royong.

Penutup

Jurnal ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna maka dari itu saya mohon maaf yang sebesar besarnya dan sekaligus mohon bantuannya kepada Bapak Fasilitator  sudilah kiranya untuk membimbing kami dalam menggapai cita cita yang luhur dan agar pembelajaran bisa tercapai sesuai pemikiran KHD.

Terima kasih

Wassalamu 'alaikum WR. WB





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCANA TINDAK LANJUT PI 3 PGP A9 KAB. BREBES

  R T L RENCANA TINDAK LANJUT PENDAMPINGAN INDIVIDU 3 PGP ANGKATAN 9 KABUPATEN BEBES           PENGAJAR PRAKTIK SUPARM...