Jumat, 15 Oktober 2021

Refleksi Kritis Pendidikan Ki Hajar Dewantara KHD

 Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran? yang saya pahami dari pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan dan pengajaran, adalah bagai dua sisi mata uang - yang saling membutuhkan satu sama lainnya untuk menjadi satu kesatuan utuh. menurut Ki Hajar Dewantara, Pendidikan adalah upaya pemenuhan dari semua tuntutan bagi kodrat alam dan kodrat perkembangan zaman yang ada pada diri anak-anak sejak mereka lahir agar mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal sebagai manusia seutuhnya dan menjadi bagian masyarakat untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Sedangkan Pengajaran adalah cara, strategi untuk memberikan ilmu pengetahuan agar bermanfaat bagi kehidupan secara lahir maupun batin. jadi menurut hemat saya, pendidikan akan mencapai tujuan jika cara dan strategi mengajarnya tepat. Dimana pada saat menjalani kegiatan pembelajaran, siswa antusias mengikuti tiap prosesnya,menikmati tiap detilnya, bebas bertanya jika ada kesulitan, tak ragu mencoba jika ada tantangan,tak kecil hati jika ada kegagalan, bergembira dan meluapkan ekspresi kegembiraan masing-masing jika berhasil,dan selalu berusaha mencari dan menemukan hal-hal baru. Dengan begitu maka dalam lingkungan pendidikan di sekolah,dengan sendirinya akan tercipta pendidikan lingkungan yang baik.

👉Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus? dalam pemahaman saya, relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara dengan konteks pendidikan di Indonesia, bahwa filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara adalah sebagai landasan pendidikan di Indonesia yang dilakukan secara berjenjang,konvergen,dan terpusat. filosofi Tut Wuri Handayani beliau pun dijadikan semboyan Pendidikan Nasional. Dan di sekolah kami, SDN Cinanas 03 , pemikiran Ki Hajar Dewantara kami jadikan pedoman dan senantiasa kami terapkan sesuai dengan kapasitas, pemahaman dan kepekaan kami dalam memaknai filosofi pendidikan KHD. Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru? pada dasarnya sejak saya menjadi guru, secara sadar dan keteguhan hati menjadi seorang pendidik,saya berusaha menerapkan semboyan Pendidikan Nasional ; Ing Ngarso sung tuladha, Ing Madya mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. dan kebetulan saya menjadi Guru Penjaskes SD yang terbiasa berinteraksi dengan murid-murid di luar kelas. Dengan keterbatasan fasilitas,sarana dan prasarana membuat saya harus pintar-pintar mensiasati keterbatasan yang ada, agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan  menduplikasi atau 1.1.a.3. Mulai dari Diri - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Durasi : 1 JP (45 menit) Moda: Mandiri Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu membuat refleksi diri tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP) Kegiatan ini merupakan kegiatan pembuka dari seluruh rangkaian materi belajar di Program Pendidikan Guru Penggerak. Pada kegiatan ini, Anda akan melakukan sebuah refleksi diri sejauh mana Anda mengenal dan memahami Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD). Sejauh ini Anda sudah sering mendengar kata kata seperti budi pekerti, ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karso, tut wuri handayani yang menjadi jiwa dari pendidikan nasional. Oleh sebab itu, pada tahap awal ini, Anda akan berdialog dengan diri Anda sendiri untuk menemukan pemikiran mendasar Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan peran Anda sebagai pendidik’. Sebagai pemantik proses refleksi tersebut, mari kita ingat-ingat kembali pengalaman ketika kita bersekolah. Jawaban pertanyaan berikut tidak perlu ditulis namun tetap perlu direnungkan dan dilakukan dengan sungguhsungguh. 

 - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tercapai tujuan pembelajaran. Bersama murid-murid, kami menjalani hari-hari efektif dengan gembira, bersemangat, dan mendapat ilmu baru yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Saya merasa bebas merdeka dalam mengajar. Tak ada intervensi dalam bentuk apapun dari Kepala sekolah, rekan guru, ataupun wali murid. Saya bebas bereksplorasi dalam menyampaikan materi. Misalkan, pada materi permainan bola besar,bola basket. ketiadaan lapangan basket dan keterbatasan jumlah siswa membuat kami sepakat menciptakan permainan raja bola. Ketrampilan anak melempar dan menangkap bola menggunakan bola besar tersalurkan. murid-murid mempunyai dasar ketrampilan bola basket yang diperkaya dengan literasi yang mendukung. harapan dan ekspektasi Apa saja harapan yang ingin Anda setelah mempelajari modul ini? Harapan saya setelah mempelajari modul ini, saya menjadi lebih mengerti dan memahami lebih dalam lagi tentang apa dan bagaimana yang seharusnya saya lakukan sebagai seorang guru dalam melakukan berbagai praktik baik di sekolah saya, guna mendukung program pemerintah, menciptakan profil pelajar pancasila Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini? Saya berharap murid-murid menjadi lebih terbuka potensi diri masing-masing, semakin terasah bakat dan minat, dan kelak di daerah kami, minimal SDN Cinanas 03 ikut berperan aktif dalam menciptakan para pelajar pancasila yang bertanggung jawab, berdedikasi, cerdas,terampil, dan bertakwa pada Tuhan YME. kelak kepada mereka lah tugas ini berlanjut. menjaga NKRI dan mewujudkan Indonesia sebagai mercusuar dunia. Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini? Semua materi, Kegiatan, Literasi dalam modul ini saya yakin dan percaya akan membawa manfaat pada diri saya sebagai seorang guru Agama Islam SD,menerapkan MERRDEKA belajar dan membantu saya dalam menjalani tugas dan kewajiban saya sebagai seorang guru pada umumnya guna memajukan pendidikan Indonesia,menciptakan profil pelajar Pancasila seutuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCANA TINDAK LANJUT PI 3 PGP A9 KAB. BREBES

  R T L RENCANA TINDAK LANJUT PENDAMPINGAN INDIVIDU 3 PGP ANGKATAN 9 KABUPATEN BEBES           PENGAJAR PRAKTIK SUPARM...