Minggu, 24 April 2022

Aksi Nyata Modul 3.1.a.10

Aksi nyata modul 3.1

Suparman, S.Pd CGP Angkatan 4 Kabupaten Brebes

SD Negeri Cinanas 03 Kec. Bantarkawung 

Pada modul 3.1 ini saya belajar tentang Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.

Dimana saya menjadi mengerti tentang apa yang dimaksud dengan Bujukan Moral dan Dilema Etika yang saya sederhanakan menjadi Benar vs Salah dan Benar vs Benar. Dalam perjalanannya, bujukan moral seringkali menggoda diri untuk terjebak melakukan, dan tidak jarang diri dihadapkan pada situasi yang serba sulit dan sama-sama benar. Untuk itu perlu dipahami tentang landasan utama dalam mengambil keputusan yang terdiri dari 9 langkah pengambilan keputusan, 3 prinsip dalam mengambil keputusan  dan 4 paradigma Dilema Etika yang sering terjadi dan membuat kita bingung dalam menghadapi masalah.

  Sebelum saya mengajak murid-murid untuk melaksanakan rencana saya mengenalkan materi hebat ini, saya sudah melakukan sosialisasi pada Kepala Sekolah,  rekan guru dan mengajak serta rekan guru menerapkan tentang materi ini pada diri mereka sendiri. Dan saya bersyukur mendapat dukungan yang positif serta partisipatif dari semua pihak. Sehingga apa yang saya rencanakan dapat berjalan dengan baik dan kondusif serta direstui pihak sekolah. Saya memberikan ruang dan kesempatan pada murid untuk berpendapat dan berekspresi, memberikan pengertian secara sederhana agar lebih mudah dipahami oleh semua pihak, dan berharap materi ini tidak berhenti sebatas verbal konsepsional semata, namun juga menjadi sebuah bekal berharga bagi semua pihak dalam menjalani kehidupan sehari-hari, dan membantu setiap individu dalam menyelesaikan permasalahan yang di hadapi.

Saya melihat materi ini sangat menarik dan penting tidak hanya untuk saya pribadi, namun juga sangat bermanfaat bagi murid saya, terutama kelas 6 yang sudah lebih dewasa dalam usia, dan berguna bagi mereka dalam mengambil keputusan dalam keseharian mereka. Maka saya memutuskan untuk mengajak mereka belajar di luar ruangan, melakukan literasi alam sekitar sekolah kami, SDN Cinanas 03 dan secara bertahap mengenalkan pada mereka tentang  materi modul 3.1 ini dalam suasana yang hangat, akrab, dan santai.


Hasil yang saya amati setelah saya mengenalkan tentang materi ini, murid-murid lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan. Mereka cenderung untuk mempertimbangkan lebih dulu sebelum memutuskan. Dan yang saya lebih bahagia, karena rekan guru pun ternyata menunjukkan pola yang sama. Lebih bijak dalam bertindak, dan lebih sabar dalam menghadapi murid-muridnya. 

Pelajaran yang bisa saya ambil dalam menjalankan aksi nyata kali ini adalah pengembangan diri seorang pendidik adalah perlu dan harus. Agar dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai pendidik yang lebih baik dan semakin baik  dari waktu ke waktu. Alhamdulillah.. saya tidak keliru melangkah saat sebelumnya saya menetapkan hati mencoba mendaftar dan tertarik mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak ini.. Dan itulah yang dibutuhkan dunia pendidikan-setidaknya di Sekolah Dasar di tempat saya, SDN Cinanas 03, dalam mencetak generasi masa depan yang berjiwa Pancasila.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCANA TINDAK LANJUT PI 3 PGP A9 KAB. BREBES

  R T L RENCANA TINDAK LANJUT PENDAMPINGAN INDIVIDU 3 PGP ANGKATAN 9 KABUPATEN BEBES           PENGAJAR PRAKTIK SUPARM...