Suparman, S.Pd CGP Angkatan 4 Kabupaten Brebes
SD Negeri Cinanas 03 Kec. Bantarkawung
Pada modul 3.1 ini saya belajar tentang Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.
Dimana saya menjadi mengerti tentang
apa yang dimaksud dengan Bujukan Moral dan Dilema Etika yang saya sederhanakan
menjadi Benar vs Salah dan Benar vs Benar. Dalam perjalanannya, bujukan moral
seringkali menggoda diri untuk terjebak melakukan, dan tidak jarang diri
dihadapkan pada situasi yang serba sulit dan sama-sama benar. Untuk itu perlu
dipahami tentang landasan utama dalam mengambil keputusan yang terdiri dari 9
langkah pengambilan keputusan, 3 prinsip dalam mengambil keputusan dan 4 paradigma Dilema Etika yang sering
terjadi dan membuat kita bingung dalam menghadapi masalah.
Sebelum saya mengajak murid-murid untuk melaksanakan rencana saya mengenalkan materi hebat ini, saya sudah melakukan sosialisasi pada Kepala Sekolah, rekan guru dan mengajak serta rekan guru menerapkan tentang materi ini pada diri mereka sendiri. Dan saya bersyukur mendapat dukungan yang positif serta partisipatif dari semua pihak. Sehingga apa yang saya rencanakan dapat berjalan dengan baik dan kondusif serta direstui pihak sekolah. Saya memberikan ruang dan kesempatan pada murid untuk berpendapat dan berekspresi, memberikan pengertian secara sederhana agar lebih mudah dipahami oleh semua pihak, dan berharap materi ini tidak berhenti sebatas verbal konsepsional semata, namun juga menjadi sebuah bekal berharga bagi semua pihak dalam menjalani kehidupan sehari-hari, dan membantu setiap individu dalam menyelesaikan permasalahan yang di hadapi.
Saya
melihat materi ini sangat menarik dan penting tidak hanya untuk saya pribadi,
namun juga sangat bermanfaat bagi murid saya, terutama kelas 6 yang sudah lebih
dewasa dalam usia, dan berguna bagi mereka dalam mengambil keputusan dalam
keseharian mereka. Maka saya memutuskan untuk mengajak mereka belajar di luar
ruangan, melakukan literasi alam sekitar sekolah kami, SDN Cinanas 03 dan
secara bertahap mengenalkan pada mereka tentang
materi modul 3.1 ini dalam suasana yang hangat, akrab, dan santai.
Hasil yang saya amati setelah saya mengenalkan tentang materi ini,
murid-murid lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan. Mereka cenderung
untuk mempertimbangkan lebih dulu sebelum memutuskan. Dan yang saya lebih
bahagia, karena rekan guru pun ternyata menunjukkan pola yang sama. Lebih bijak
dalam bertindak, dan lebih sabar dalam menghadapi murid-muridnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar