Kamis, 21 April 2022

DEMONTRASI KONTEKSTUAL 3.1.a.7 Suparman CGP Angkatan 4 Kabupaten Brebes SD Negeri Cinanas 03.


Pada kesempatan ini saya mencoba untuk menjawab guiding questions yang ada pada modul 3.1.a7 Demonstrasi Kontekstual-Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran.

Baik langsung saja untuk pertanyaan yang pertama:

1.     Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

Cara saya dslam mentransfer dan menerapkan pengetahuan saya tentang apa yang saya dapatkan di Program Guru Penggerak ini terutama pada modul 3.1 langkah awal saya mensosialisasikan kepada :

a.     Kepala Sekolah dengan menerangkan apa yang saya pelajari.

b.     Kemudian saya jelaskan pula terhadap rekan guru

c.     Murid tentunya yang selalu mendukung saya

d.     Keluarga kecil dirumah yang senantiasa mendukung saya dengan penuh kesemangatan.

2.     Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

Langkah awal yang saya lakukan Ketika mengambil keputusan adalah :

a.     Dengan menilai apakah ada nilai-nilai yang bertentangan dengan hukum Agama, adat akatu social di lingkungan.

b.     Mengenali siapa saja yang terlibat

c.     Mengumpulkan fakta-fakta yang relevan

d.     Melakukan pengujian benar atau salah.

Untuk menentukan keputusan saya benar atau salah maka harus ada:

1)    Uji legalitas. Apakah dilemma ini menyangkut masalaha hukum.

2)    Uji regulasi. Apakah dilemma ini ada yang melanggar hukum atau kode etik.

3)    Uji halaman depan koran

4)    Uji panutan atau tokoh idola

e.     Pengujian paradigma benar lawan benar.

Ini adalah salah satu hal yang sangat dilematis menurut saya jika pengujian benar lawan benar ini saya akan mengambil dua syarat yang harus masuk dari 4 paradigma

f.      Melakukan prinsip resolusi dengan memakai salah satu dari 3 prinsip penyelesaian dilemma.

g.     Investigasi opsi trilemma.

Jika saya mengalami situasi yang sama-sama memberatkan pada keduabelah pihak  saya maka opsi yang terbaik justru ada di pihak ketiga, dari hal yang tidak terpikirkan dari sebelumnya namun bisa membuahkan hasil yang terbaik untuk menyelesaikan opsi trilemma ini.

h.     Setelah saya memantapkan dan mempertimbangkan maka saya memutuskan atau mengambil keputusan akhir jika saya sudah memutuskan keputusan akhir maka saya harus siap menerima konsekwensi yang ada.

i.      Melihat lagi keputusan yang sudah saya buat dan refleksikan, betul setelah saya mengambil keputusan tersebut Kembali saya melihat apakah keputusan ini benar atau sudah tepat.

3.     Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.

Semenjak saya mengenal dengan LMS terutama Ketika saya sudah memasuki modul 3.1 ini saya mecoba menerapkan terutama di lingkungan sekolah saya dengan Kepala Sekolah, rekan guru dan tentunya murid-murid saya dan juga saya terapkan di keluarga saya dirumah dengan istri dan anak-anak saya. Sampai kapan saya menerapkan Langkah-langkah ini terutama di sekolah saya, saya menerapkan sampai batas usia kedinasan saya. Sedangkan dirumah saya menerpkan hal ini sampai batas usia saya. Pengambilan keputuisan yang tertera di modul ini sangat bagus sekali untuk saya terapkan dimanapun saya berada bukan Cuma di sekolah, dirumah dan mudah-mudahan bisa saya terapkan di masa yang akan dating.

4.     Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.

Yang akan menjadi pendamping saya dalam menjalakan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran ini tentunya Bapak Kepala Sekolah saya, rekan guru dan murid-murid saya yang tentunya merekapun mempunyai hak untuk bisa melihat dan memberikan umpan balik terhadap saya apakah keoputusan say aini sudah bisa disesuaikan dengan nilai-nilai kebajikan. Dan tentnya Ketika saya berada di lingkungan rumah pendamping saya adalah istri saya yang selalu memberikan masukan dalam pengambilan keputusan ini.

 

Cinanas 22 Maret 2022

Suparman

CGP Angkatan 4 Kabupaten Brebes. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCANA TINDAK LANJUT PI 3 PGP A9 KAB. BREBES

  R T L RENCANA TINDAK LANJUT PENDAMPINGAN INDIVIDU 3 PGP ANGKATAN 9 KABUPATEN BEBES           PENGAJAR PRAKTIK SUPARM...