Kamis, 21 April 2022

Koneksi Antar Materi Kesimpiulan dan refleksi Pemikiran Kihajar Dewantara Modul 1.1 a9

 



Ditulis Oleh Suparman

CGP Angkatan 4 Kabupaten Brebes

SD Negeri Cinanas 03 Kecamatan Bantarkawung

 

Ditulis pada 30 Oktober 2021

Hari ini saya mendapat tugas di whatsapp grup CGP Angkatan 4 Kabupaten Brebes, dimana saya adalah salah satu peserta CGP yang sedang menimba ilmu di Program Pendidikan Guru Penggerak. Ada informasi dari Bapak Suwanto selaku Fasilitator kami. Beliau memberikan informasi tentang tugas baru di modul 1.1a.9 Koneksi Antar Materi – Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Otomatis ingatan saya kembali pada segala materi yang telah saya dapatkan dari awal hingga sekarang. Dari tugas dan materi di modul 1.1 tentang Ruang Kolaborasi,Refleksi Terbimbing,Demonstrasi Kontekstual dan Elaborasi Pemahaman, saya belajar mendiskusikan tentang Dasar- dasar Pendidikan Ki Hajar Dewantara, Slogan Pendidikan beliau, dan cita-cita beliau menciptakan Merdeka Belajar. Kami membahas tugas yang diberikan. Kelompok Kami memilih untuk mengangkat tema “Pendidikan yang berhamba pada anak” dengan tekad menyiapkan anak didik sesuai konteks sosial budaya di wilayah kami dengan harapan dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki anak dan menghadirkan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan sehingga karakteristik anak dapat terasah sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu anak didik. Ada begitu banyak pengetahuan baru bagi saya pribadi, dan Pemahaman baru yang menjungkir balikkan nyaris semua yang saya terapkan selama ini, yang ternyata bertolak belakang dengan apa yang menjadi Konsep Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan.

Sebelumnya saya hanya berpikir bahwa menjadi guru adalah berangkat ke Sekolah dan memberikan materi pada anak-anak. Anak mau paham, dan sampai dimana tingkat pemahaman mereka, terserah. Yang penting anak nurut, dalam arti melakukan tugas sesuai instruksi saya. Yang tidak sesuai, ya harus bisa menyesuaikan. Jika tidak, nilai yang saya berikan pun sedikit. Hanya sesuai standar KKM. Namun setelah saya mempelajari modul 1.1 bersama teman-teman CGP dari berbagai jenjang Pendidikan, dan dipandu secara jelas oleh Bapak Suwanto kami CGP Angkatan 4 Kabupaten Brebes, saya justru merasa malu diri namun bersyukur..

    Malu karena ternyata apa yang saya yakini dan terapkan selama ini di sekolah, adalah keliru. Bersyukur karena bagaimanapun juga akhirnya kekeliruan saya tidak berlarut-larut. Sejak Lokakarya 0, dan setelah membaca modul 1.1 hingga sekarang, setidaknya saya semakin memperbaiki diri. Saya mulai menerapkan pembelajaran yang berhamba pada anak. Saya memposisikan diri sebagai Orang Tua kedua bagi anak yang mengayomi mereka, menuntun mereka, mengasah bakat dan minat mereka, memberikan pelajaran tentang budi pekerti dalam setiap kesempatan, bahkan di luar jam pelajaran sekalipun. Saya merasa menjadi pribadi yang lebih sabar. Lebih sadar akan tugas dan kewajiban sebagai seorang pendidik. Saya lebih merasa malu jika berpangku tangan dan hanya melihat sesuatu yang tidak benar lalu saya biarkan. Saya betul-betul menjadi sosok yang berbeda. Saya sungguh berharap semua pihak menerapkan Pendidikan sesuai apa yang Ki Hajar Dewantara jabarkan melalui Taman Siswa. Saya memiliki impian agar kelak SDN Cinanas 03 di Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes dapat menjadi Taman Belajar bagi siswa Di Sekolah kami yang mampu memberikan kesan mendalam yang tertanam kuat di hati masing- masing Alumni sebagai referensi nyata yang membuat mereka termotivasi menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, dan meneruskan apa yang kami tanamkan di SDN Cinanas 03 secara lebih luas lagi, di lingkungan manapun mereka berada kelak, di belahan manapun bumi ini.    

    Menjadi cerdas itu penting. Namun memiliki Budi Pekerti yang baik jauh lebih penting. Dan itulah yang paling awal saya terapkan di SDN Cinanas 03 ini. Saya berharap dapat berperan aktif dalam menciptakan karakter yang baik bagi anak didik saya, kapanpun dan dimanapun. Saya ingin apa yang saya lakukan di SDN Cinanas 03 dapat memberikan motivasi bagi rekan guru lain agar dapat bersinergi menciptakan generasi masa depan berkarakter baik, memiliki kepedulian yang tinggi pada sesama dan lingkungan, mampu memberikan kontribusi yang positif dan memiliki daya pikir dan nalar yang berkembang sesuai perkembangan zaman.

    Sekedar Refleksi diri, Pagi ini, dalam perjalanan ke SD Negeri Cinanas 03 yang berjarak sekitar  10 km dari rumah, dengan Honda Supra fit new tahun 2004 warna hitam yang saya miliki, saya mengajak sahabat mesin saya yang setia ini dan memaksa si hitam meraung melewati bukit terjal, menuruni lembah jalan tanah, menerobos Hutan pinus melewati Sungai Kuya-yang jika banjir memaksa diri mengambil jalan memutar sekitar 5 km lebih jauh. Dan pada satu titik, saya tak sengaja memperhatikan sebuah pemandangan alam sekitar yang sangat menarik.  Alhamdulillah….masih di berikan Kesehatan dan kesempatan untuk bisa mencerdaskan anak Bangsa. Setidaknya ini menjadi renungan diri saya. Bahwa menjadi guru itu kompleks. Ibarat Alam yang selalu memberikan fasilitas kepada semua mahluk hidup yang ada di lingkungan tersebut. Saya berjanji untuk semakin memperbaiki diri. Menjadikan sekolah adalah rumah kedua bagi anak didik. Membuat mereka nyaman dan merasa di perhatikan, mengantarkan mereka menjemput impian dengan memberikan bekal dasar Pendidikan, dan selalu ada di saat mereka butuh bimbingan. Semoga PPGP yang sedang saya ikuti ini mampu menjadikan saya seorang pembaharu di lingkungan saya, dan dimanapun saya berada. Terima kasih segala sifat untuk semua pihak yang terlibat dalam kawah candradimuka Calon Guru Penggerak ini. Terima kasih Bapak Suwanto, M.Pd yang mengajarkan dan menjabarkan apa yang ada di modul 1.1 ini dan menjadi Rujukan nyata bagi saya pribadi dalam transformasi diri.

 

Terima kasih

Salam dan Bahagia

Dari

Suparman CGP Angkatan 4 Kab Brebes

SD Negeri Cinanas 03

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCANA TINDAK LANJUT PI 3 PGP A9 KAB. BREBES

  R T L RENCANA TINDAK LANJUT PENDAMPINGAN INDIVIDU 3 PGP ANGKATAN 9 KABUPATEN BEBES           PENGAJAR PRAKTIK SUPARM...