Kamis, 23 Juni 2022

MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

 

AKSI NYATA

MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

“ POJOK BACA UNTUK KEGIATAN LITERASI DI KELAS”

 

A.     PERISTIWA (FACT)

Latar Belakang Tentang Situasi Yang Dihadapi

Berkurangnya minat  dan literasi murid dalam kegiatan pembelajaran berdampak negative pada perkembangan literasi murid dalam hal ini penulis berusaha merancang Instrumen ini  untuk menghasilkan informasi yang memicu perbaikan kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar murid. Membuat saya ingin lagi membangkitkan motivasi murid untuk membaca dengan kegiatan literasi.

 

Alasan Melakukan Aksi Nyata

Berawal dari mendampingi Individu PP Dalam kegiatan PGP ini, dalam mengerjakan soal mereka cenderung malas dengan bacaan yang soal yang Panjang dan kurang dalam memahami bacaan dari soal. Dari sini saya memaham kurangnya minat baca dalam pembelajaran menggugah hati saya agar  digalakan kembali yaitu kegiatan literasi dengan tujuan murid bisa sering membaca dan mulai memahami isi bacaan yang mereka baca dan membangkitkan semangat literasi lagi.

Hasil Aksi Nyata

1.     Membuat Pojok baca dengan murid-murid dikelas

*    Guru bersama dengan murid mengumpulkan hasil karya keterampilan yang akan di tempelkan pada tembok

*    Guru Bersama murid membuat desain sesuai dengan kreativitas murid dengan bimbingan arahan dari guru

2.     Melakukan kegiatan literasi sebelum pembelajaran dimulai selama 10 Menit kemudian murid menuliskan inti dari kesimpulan yang mereka baca.

B.  PERASAAN

     Saya merasa senang sekali bisa bersama murid-murid menghias kelas dan membuat pojok baca melihat murid antusias menghias pojok kelas mereka untuk dijadikan kegiatan membaca.

 

C.    PEMBELAJARAN

Pembelajaran yang saya dapat dalam hal ini adalah ternyata murid akan merasa termotivasi membaca ketika kita mengikutkan mereka terlibat langsung dalam program yang dibuat gurunya dan dengan kesadaran mereka sudah mulai kegiatan literasi dengan menunggu jam pelajaran dimulai.

 

D.    PENERAPAN KE DEPAN (FUTURE)

Proses pengambilan keputusan yang telah saya lakukan di sekolah mungkin belumlah sempurna. Dengan berjalannya dengan waktu akan mengevaluasi program yang saya buat dan memonitoringnya.

 

24 Juni 2022

Suparman, S.Pd

CGP Angkatan 4

Kabupaten Brebes

SD Negeri Cinanas 03



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCANA TINDAK LANJUT PI 3 PGP A9 KAB. BREBES

  R T L RENCANA TINDAK LANJUT PENDAMPINGAN INDIVIDU 3 PGP ANGKATAN 9 KABUPATEN BEBES           PENGAJAR PRAKTIK SUPARM...