AKSI
NYATA
MODUL
3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
“
POJOK BACA UNTUK KEGIATAN LITERASI DI KELAS”
A.
PERISTIWA (FACT)
Latar Belakang Tentang Situasi Yang Dihadapi
Berkurangnya minat dan literasi murid dalam kegiatan
pembelajaran berdampak negative pada perkembangan literasi murid dalam hal ini
penulis berusaha merancang Instrumen ini untuk menghasilkan informasi yang memicu
perbaikan kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan
hasil belajar murid. Membuat
saya ingin lagi membangkitkan motivasi murid untuk membaca dengan kegiatan
literasi.
Alasan Melakukan Aksi Nyata
Berawal dari mendampingi Individu PP Dalam kegiatan PGP
ini, dalam mengerjakan soal mereka cenderung malas dengan bacaan yang soal yang
Panjang dan kurang dalam memahami bacaan dari soal. Dari sini saya memaham kurangnya
minat baca dalam pembelajaran menggugah hati saya agar digalakan kembali yaitu kegiatan literasi
dengan tujuan murid bisa sering membaca dan mulai memahami isi bacaan yang
mereka baca dan membangkitkan semangat literasi lagi.
Hasil Aksi Nyata
1.
Membuat Pojok baca dengan murid-murid dikelas
Guru bersama dengan murid
mengumpulkan hasil karya keterampilan yang akan di tempelkan pada tembok
Guru Bersama murid
membuat desain sesuai dengan kreativitas murid dengan bimbingan arahan dari
guru
2.
Melakukan kegiatan literasi sebelum pembelajaran dimulai
selama 10 Menit kemudian murid menuliskan inti dari kesimpulan yang mereka baca.
B. PERASAAN
Saya
merasa senang sekali bisa bersama murid-murid menghias kelas dan membuat pojok
baca melihat murid antusias menghias pojok kelas mereka untuk dijadikan
kegiatan membaca.
C. PEMBELAJARAN
Pembelajaran yang saya dapat dalam hal ini
adalah ternyata murid akan merasa termotivasi membaca ketika kita mengikutkan
mereka terlibat langsung dalam program yang dibuat gurunya dan dengan kesadaran
mereka sudah mulai kegiatan literasi dengan menunggu jam pelajaran dimulai.
D.
PENERAPAN KE DEPAN (FUTURE)
Proses pengambilan keputusan yang telah saya
lakukan di sekolah mungkin belumlah sempurna. Dengan berjalannya dengan waktu
akan mengevaluasi program yang saya buat dan memonitoringnya.
24 Juni 2022
Suparman, S.Pd
CGP Angkatan 4
Kabupaten Brebes
SD Negeri Cinanas
03
Tidak ada komentar:
Posting Komentar