Refleksi Terbimbing modul 3.3.a6-Pengelolaan Program yang Berdampak
Pada Murid.
Suparman, S.Pd CGP Angkatan 4 Kabupaten Brebes
SD Negeri Cinanas 03
1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang
berdampak pada murid?
Hal yang menarik bagi saya adalah setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah bagaimana caranya melihat sesuatu yang tidak populer namun memiliki potensi tersendiri yang dapat dimaksimalkan untuk membuat perubahan yang baik melalui berbagai praktik-praktik baik khususnya di SDN Cinanas 03. Jika program dilakukan dengan cara yang tepat dengan tahapan sederhana dan mudah di pahami oleh murid dan bimbingan berkelanjutan maka murid menjadi subjek penting yang akan menjadi agen perubahan untuk sekolah mereka sendiri dengan suara mereka sendiri, pilihan sendiri dan kepemilikan sendiri dan juga dengan kebanggaan apa yang merea miliki sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman yang ada dalam diri mereka.
2. Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang
pengelolaan program yang berdampak pada murid?
Hal yang mengejutkan saya yang saya temukan dalam pembelajaran pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah betapa terkejutnya saya karena tanpa diduga murid-muridpun mampu mengelola program yang baik dan memuaskan walaupun memang masih kurang sempurna, namun perlu di garis bawahi mereka sudah mampu menunjukan potensi yang ada dalam diri mereka, ini sangat istimewa menurut saya karena sudah tumbuh dan berkembang kesadaran akan peran penting mereka terhadap perubahan di sekolah mereka sendiri yang akan mampu membuat pembelajaran yang nyaman bagi mereka, berangkat penuh dengan harapan dan pulang dengan penuh semangat perubahan di hari yang akan datang.
3. Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau
mempelajari materi ini?
saya sedang merintis perubahan kecil yang mungkin tidak penting sama sekali diawali dengan sosialisasi disekolah saya dengan guru dan Kepala Sekolah untuk melakukan perubahan dengan melakukan praktik baik, membuat kesepakatan kelas bersama murid, menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, mengenalkan pembelajaran sosial emosional, melakukan praktik coaching dengan menggali potensi yang ada dalam diri murid, melatih keberanian murid dalam mengambil keputusan, memberikan ruang dan kesempatan kepada murid untuk berkreasi, membuat program sekolah yang berdampak pada murid seperti mamanfaatkan sampah palstik bekas bungkus kopi menjadi kerajinan dengan di anyam sedemikian rupa dan juga mamanfaatkan sampah palastik dengan sentuhan tangan yang murid yang mempunyai potensi untuk dijadikan fas bunga. yang dikelola oleh murid-murid sendiri dengan didampingi oleh guru.
4. Apa yang menantang bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam
modul ini?
yang menantang untuk saya dalam mengelola program yang berdampak pada murid adalah bagaimana saya bisa menenej program tersebut sesuai dengan tujuannya yaitu agar program tersebut berdampak langsung kepada murid dengan suara mereka sendiri, pilihan mereka sendiri dan kepemilikan mereka. dan juga bagaimana saya bisa konsisten dalam melakukan program yang berdampak pada murid.
5. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.
dari tantangan saya dalam mengelola program yang berdampak
pada murid adalah saya melibatkan langsung kerpada murid untuk bisa melakukan
perubahan sesuai dengan pilihan mereka dengan melibatkan guru tentunya. dan
bagaimana saya bisa melakukan progran tersebut demi perubahan di sekolah saya
tentunya tidak lepas dari dukungan semua fihak diantaranya : Kepala Sekolah ,
rekan guru, murid, komite dan tentunya aset yang dimiliki oleh sekolah. yang
paling penting adalah dukungan dari diri sendiri untuk melakukan perubahan
dengan melakukan pengembangan diri. Demikian penjabaran saya tentang
pengelolaan program yang berdampak pada murid di SDN Cinanas 03 semoga dapat
dipahami segala keterbatasan yang ada.
Terima kasih.
Salam & Bahagia
Foto Dokumentasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar